UNITRI KEMBANGKAN PERPUSTAKAAN DIGITAL

Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perpustakaan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang saat ini sudah mulai bergeser untuk memiliki aplikasi digital, yang diciptakan agar mempermudah mahasiswa mengakses buku secara lebih efisien.

Aplikasi tersebut dapat dengan mudah dibuka melalui komputer maupun diinstall melalui telepon pintar.

Sekretaris UPT Perpustakaan UNITRI, Ryka Puspitasari Restyaningrum A Z., S.IIP., M.IP menjelaskan, Perpustakaan UNITRI telah bekerjasama dengan PT Enam Kubuku Yogyakarta dalam bentuk pemberian software langsung dan gratis selama satu tahun. Di dalamnya terdapat sejumlah lebih dari puluhan buku online atau e-book yang akan disajikan dan dapat diakses oleh pemilik akun.

“Meskipun masih dalam tahap percobaan, sudah lebih dari 40 buku non fiksi dan 12 buku fiksi yang tersedia dan sudah bisa dibaca oleh mahasiswa melalui aplikasi.” Ujarnya menambahkan.

Untuk mahasiswa yang menggunakan komputer, aplikasi dengan nama Perpustakaan Pusat Unitri tersebut dapat diunduh melalui website http://www.kubuku.co.id/ dan dapat diinstall secara gratis. Sementara bagi mahasiswa yang memiliki telepon pintar atau HP, dapat dengan mudah mengakses dengan mendownlod dulu di playstore dengan mengetik Perpustakaan Pusat Unitri. Setelah aplikasi di unduh, pemakai dapat login menggunakan alamat email dan menunggu konfirmasi.

“cukup sederhana pemakaiannya. Setelah masuk menggunakan email, konfirmasi akan cepat diproses dan pengguna aplikasi dapat digunakan dengan mudah untuk membaca buku yang diinginkan oleh mahasiswa.” Tambah Ryka kepada Humas.

Seperti diketahui, selama ini UPT. Perpustakaan UNITRI telah berusaha memfasilitasi kebutuhan literasi seluruh mahasiswa. Lebih dari 5000 koleksi buku hardcopy tersedia di perpustakaan yang setiap hari Senin-Jumat buka pada pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Bila buku yang dicari tidak dapat ditemukan, UPT Perpustakaan juga menyediakan pelayanan pembuatan “Kartu Super” yang dapat digunakan untuk meminjam buku di perpustakaan Universitas lainnya.

UNITRI sebagai anggota dari FPPTI atau Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Cabang Jawa Timur juga berharap, melalui aplikasi perpustakaan UNITRI ini, mahasiswa dapat lebih terbantu dalam mencari bahan pembelajaran.Aplikasi ini sudah dapat diakses sejak bulan Oktober 2018 hingga kini. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

82 − 80 =